Mata pelajaran ini akan difasilitasi bersama oleh DR. Hasan Oetomo dan Tjan Soen Eng Ph.D

Diharapkan agar setelah menyelesaikan mata pelajaran ini mahasiswa mendapatkan gambaran jelas berbagai konsep dan pendekatan Innovation and Creation, terutama semua issue terkait mutakhir, dan kemudian masing masing bisa membentuk pola pikir serta pola kerja yang mendukung bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam pembentukan idea terobosan serta mampu menjalankan, melaksanakan, untuk merealisasi ide inovasi serta memberikan kontribusi manfaat bagi masyarakat dengan kreasi nyata: input, process dan output dalam setiap business model yang digelutinya, atau business model yang mesti didefinisikan kembali.

Innovation and Creation mengandung dua tindakan: idea generation dan idea implementation, execution. Idea execution jauh lebih menantang, kompleks dan sekaligus menguji kualitas Leadership seseorang, termasuk beralih dari Good to Great leader.  Idea execution menentukan setidaknya 70% sukses suatu organisasi atau unit usaha. Disini kemampuan untuk mengambil tanggung jawab, akuntabilitas, atas semua langkah calculated risks, hands on management,  dengan nuansa pola pikir praktis logis dengan nuansa big picture theoretical framework sebagai guiding light akan diuji real time, termasuk personal sacrifice. 

Innovation and Creation dengan memanfaatkan teknologi, sebagai contoh digital technology, menjadi tumpuan penting bagi banyak organisasi dalam menentukan Strategic Direction mereka mengahadapi persaingan  dalam iklim usaha global yang semakin volatile, uncertain, complexed serta ambiguous.  

Diskusi, pembahasan dan pembelajaran dalam mata pelajaran ini akan dititik beratkan pada case studies, terutama cases yang sifatnya insightful bagi masing masing fasilitator.