Mata kuliah ini mendiskusikan tentang isu-isu penelitian dan studi kasus yang relevan dengan bidang ilmu keuangan. Matak uliah ini dibagi menjadi beberapa bagian.

Bagian pertama membahas tentang studi empiris. Bagian ini membahas studi empiris bidang keuangan yang meliputi isu penelitian di bidang investasi di pasar modal, lembaga keuangan, maupun keuangan perusahaan. Isu riset di pasar modal mencakup pengujian hipotesis pasar efisien (return predictability, event study, and insider trading), pengujian beta dan CAPM atau model-model keseimbangan. Isu riset di lembaga keuangan terkait dengan penelitian reksadana dan portofolio, perbankan, corporate governance di lembaga keuangan. Isu riset pada keuangan perusahaan mencakup berbagai model pengujian empiris terhadap teori atau model keuangan yang berkembang hingga saat ini, yakni terkait dengan agency theory, signaling theory, dan pecking order theory.

Bagian kedua merupakan praktik riset keuangan di mana  mahasiswa ditugaskan menyusun proposal riset keuangan dan menjadi bahan diskusi inter dan antar kelompok. Setelah proposal penelitian didiskusikan, selanjutnya harus  direvisi/disempurnakan.