Fakultas Bisnis

Mata ajaran ini memberikan pengertian corporate governance, alasan diperlukannya, prinsip-prinsip dan implementasinya, serta tinjauan terhadap praktek dan isu corporate governance di Indonesia. Pembahasan menekankan pada pentingnya peran profesi akuntan dan bagaimana profesi akuntan dalam mewujudkan corporate governance yang baik. Mata ajaran ini dimaksudkan juga  untuk meningkatkan pengetahuan etika, kesadaran etis dan perilaku etis akuntan. Peningkatan ini diharapkan akan berimplikasi pada meningkatnya kemampuan akuntan dalam pengambilan keputusan etis. Suatu pengambilan keputusan etis tidak hanya melibatkan rasionalitas saja, tetapi juga emosi dan intuisi. Untuk meningkatkan pengetahuan etika, materi meliputi berbagai spektrum pemikiran dalam etika, deskripsi etika bisnis dan profesi, isu-isu etis dalam profesi, serta implementasi dan perkembangannya dalam realitas praktik profesi akuntansi dan bisnis. Sementara untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku etis, dianjurkan materi diperkaya dengan mendeskripsikan secara refleksif yaitu sebagai pengungkapan suatu fenomena kehidupan yang melibatkan nilai-nilai diri, pengalaman hidup dan norma suatu fenomena kehidupan di alam semesta.

Matakuliah ini membahas mengenai peranan akuntansi manajemen dan biaya dalam menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan bisnis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang sebagai bentuk pelaksanaan strategi perusahaan. Matakuliah ini juga membahas dampak pajak sebagai beban dalam pelaksanaan kegiatan bisnis perusahaan.


Mata Kuliah ini membahas mengenai Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia dan penerapannya dalam praktik bisnis